Wednesday, January 9, 2013

7 Cara Agar Panjang Umur dan Hidup Lebih Lama

Inilah 7 Cara Agar Panjang Umur dan Hidup Lebih Lama – Umur manusia telah di gariskan dan semua itu ada di tangan Tuhan. Namun tidak ada salahnya jika kita berusaha agar panjang umur dan hidup lebih lama. Sebuah studi menemukan bahwa panjang pendeknya usia seseorang itu juga dipengaruhi oleh manusia itu sendiri. Penerapan gaya hidup yang buruk akan memperbesar resiko untuk terserang berbagai jenis penyakit yang dapat meregangkan nyawa.
Saat ini semakin banyak penyakit kronis yang menyerang, tidak peduli tua maupun muda. Gaya hidup seseorang dalam keseharianya juga sangat berpengaruh terhadap panjang pendeknya usia mereka.

pajang umur 100 tahun

Maka dari itu simaklah 7 hal bermanfaat untuk usaha agar panjang umur dan memaksimalkan masa hidup dikutip dari huffingtonpost, berikut ini.
1. Tak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat
Meskipun usia sudah tua, bukan berarti anda hanya pasra saja. Mulailah menjalankan pola hidup sehat secara teratur. hal tersebut akan berdampak pada kesehatan anda.
Menurut penelitian pada 2012 menemukan bahwa olahraga, pola makan sehat dan menghindari kebiasaan berbahaya misalnya rokok, dapat membantu mereka yang berusia 75 tahun ke atas dapat bertahan  hidup 5,4 tahun lebih lama dibandingkan rekan mereka yang tidak menjalani pola hidup sehat.
2. Menambah jam olahraga
Pernyataan seputar olahraga dapat membuat seseorang lebih panjang umur bukan sesuatu yang baru lagi. Namun sebuah studi terbaru melakukan pengamatan lebih mendetail tentang seberapa besar manfaat olahraga tersebut agar panjang umur.
Hasil studi tersebut menunjukan bahwa setiap jam yang Anda tambahkan untuk melakukan olahraga seperti jogging atau berenang akan menambahkan masa hidup 11 jam lebih lama pada anda daripada mereka yang tidak melakukannya.
3. Memasak di rumah
Hasil survei terbaru terhadap masyarakat Taiwan menunjukan hasil yang negagumkan. Menurut hasil tersebut warga berusia 65 tahun ke atas yang melakukan kegiatan masak sendiri di rumah lima kali dalam seminggu terbukti 47 persen bisa bertahan hidup 10 tahun lebih lama daripada yang tidak melakukannya.
4. Banyak tertawa
Sebuah studi terbaru tentang hubungan antara gen dan penuaan menunjukan bahwa karakteristik tertentu yang ada pada diri seseorang akan membuatnya panjang umur dan hidup lebih lama, termasuk kecenderungan untuk lebih banyak tertawa.
5. Optimis, Ramah, dan Ceria
Pada studi serupa, rasa optimisme juga dikatakan ada kaitannya dengan panjangnya umur seseorang. Hasil ini disimpulkan setelah peneliti mengamati 243 partisipan berusia 95 tahun ke atas yang dilaporkan memiliki kepribadian seperti ramah, optimis dan easygoing serta cenderung ceria maupun banyak tertawa dan memiliki jaringan sosial yang luas.
“Mereka juga lebih sering mengekspresikan dirinya secara terbuka,” ujar peneliti Dr. Nir Barzilai, M.D., direktur Einstein’s Institute for Aging Research.
6. Konsumsi suplemen tertentu
Bagi mereka yang berusia 60-an dan 70-an memiliki kemungkinan 9 persen resiko lebih kecil cepat meninggal jika mereka mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium secara teratur. Hal ini berbanding terbalik dibandingkan rekan sebayanya yang tidak mengonsumsi suplemen apapun.
Bukan hanya suplemen saja, makan tertentu diantaranya yang mengandung omega-3 dan antioksidan juga berpengaruh.
7.Memiliki keinginan hidup lebih lama dan merealisasikanya
Sudah banyak dibahas di berbagai media, kunci dari panjang umur adalah tidak merokok, olahraga, mempertahankan berat badan ideal serta rutin mengecek tekanan darah dan kadar kolesterol.
Namul hal tersebut masih banyak yang mengabaikanya, padahalmereka yang bersedia melakukannya memiliki penurunan risiko kematian akibat penyakit apapun sebesar 51 persen. Jika anda memiliki keinginan hidup lebih lama, maka ikuti keketentuan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Popular seribu