Tuesday, January 8, 2013

Bermain game berlebihan dapat menyebabkan kematian

Bermain game berlebihan dapat menyebabkan kematian - Bermain game memang hal yang seru dan menyenagkan, termasuk saya pun suka bermain game. Tetapi tahukah anda kalau bermain game berlebihan juga berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Seperti yang dialami oleh seorang remaja berusia 18 tahun yang meninggal usai bermain game selama 40 jam nonstop di sebuah kafe internet (warnet). Dia bernama Chuang Asal Thailan, tepatnya Thailan Selatan.

Suatu hari Cuang menyewa salah satu ruang pribadi di warnet tersebut pada 13 Juli, dan berhenti pada tanggal 15 Juli-nya. Dia diketahui sedang bermain game online Diablo III hingga hampir 2 hari nonstop dan tanpa makan.

Di pagi harinya seorang petugas warnet masuk ke ruangan tersebut dan dilihatnya pemuda itu sedang ketiduran diatas meja komputernya. Lalu petugas tersebut membangunkannya, dan pemuda itu bangun lalu berjalan beberapa langkah kemudian jatuh pingsan.

Lalu pemuda tersebut di bawa ke rumah sakit lokal setempat. Setibanya di sana, ternyata pemuda tersebut sudah meninggal.

Polisi melakukan otopsi terhadap jenazah remasa tersebut dan menyelidiki penyebab kematiannya. Mereka menduga bermain game selama berjam-jam tanpa henti di depan layar monitor dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular pada peredaran darah dalam tubuh. Kardiovaskular merupakan sistem organ yang berfungsi memindahkan zat ke dalam sel. Sistem ini berfungsi untuk stabilisasi suhu dan pH tubuh. Ada dua jenis sistem peredaran darah, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan tertutup. Sistem ini menjamin kelangsungan hidup organisme yang didukung oleh metabolisme setiap sel dalam tubuh.

Peristiwa kematian akibat bermain game berlebih hingga berjam-jam ini merupakan yang ke dua kalinya yang terjadi di Taiwan tahun ini. Sebelumnya pernah ada kejadian serupa pada bulan Febriari lalu, seorang pria ditemukan meninggal di depan layar komputer usai bermain game selama 23 jam nonstop, bahkan tangannya masih menyentuh keyboard. Diduga pria ini terken serangan jantung akibat bermain game selama itu tanpa henti.

Oleh sebab itu saya himbau kepada anda khususnya para gamer dan anak-anak yang suka bermain game agar tidak bermain game berlebihan karen dapat menggangu kesehatan kita, bahkan dapat menyebabkan kematian. Bermain gamelah secara teratur dan lakukan aktivitas lain dengan normal.

No comments:

Post a Comment

Popular seribu