Friday, January 11, 2013

Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat atau Lemot

Cara Mengatasi HP Android Yang Lambat atau Lemot - Dari segi performa, Hp Android atau ponsel-ponsel pintar lainnya memang lebih unggul ketimbang ponsel biasa. Namun tetap saja, Hp Android juga bisa menggalami kejadian seperti lemot, lambat atau bahkan hang. Terutama pada Hp Android yang memiliki spek rendah, kejadian seperti ini akan rawan sekali terjadi.
Ada banyak benyebab kenapa Hp Android bisa menjadi lambat atau lemot, seperti saat digunakan untuk menulis misalnya, Hp terasa sangat lambat dalam merespon. Kejadian ini terjadi biasanya karena terlalu banyak "cache" yang masih tersimpan di memori internal, menginstal game-game berukuran besar, menjalankan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, dll.

Mengatasi HP Android Lambat Lemot
Nah, berikut ini saya berikan beberapa tips mengatasi Hp Android yang lemot atau lambat agar Hp Android sobat tetap stabil dan tetap berada pada performa terbaik.
1. Hapus Cache Pada Memori Internal
Yang paling sering membuat Hp Android menjadi lambat atau lamot adalah terlalu banyaknya "Cache" yang terismpan di memori sistem Hp. Hal ini biasanya kurang disadari oleh para pengguna Hp Android, bahwa sebenernya Hp mereka menyimpan "Cache" yang setiap saat akan terus bertambah dan akan membuat kinerja Hp menjadi semakin lambat.
Untuk mengatasi masalah ini tidak begitu sulit, sobat bisa gunakan aplikasi History Eraser untuk menghapus cache-cache yang tersimpan di Hp Android sobat. Cara menggunkannya pun sangat mudah, cukup buka aplikasinya dan klik "Clean Selected" dan cache-cache yang tersimpan di hp Android sobat akan terhapus.
2. Jangan Menjalankan Terlalu Banyak Aplikasi Dalam Waktu Bersamaan
Salah satu keunggulan Smartphone seperti Android adalah kemampuannya menjalankan lebih dari satu aplikasi dalam waktu bersamaan, atau bahasa kerennya "Multi Tasking." Namun, jika terlalu banyak aplikasi yang dijalankan dalam waktu bersamaan, biasanya akan membuat kinerja Hp Android menjadi lambat, terutama pada Hp Android yang memilik spesifikasi rendah.
3. Jangan Gunakan Live Wallpaper
Penggunaan Live Wallpaper merupakan salah satu penyembab mengapa Hp Android menjadi lambat. Jadi, sebagai gantinya sobat bisa gunakan Wallpaper biasa saja.
4. Instal Aplikasi di Memori External
Memori internal yang kelebihan beban juga menjadi salah satu penyebab Hp Android menjadi lambat atau lemot. Jadi, usahakan untuk menyimpan file-file yang berukuran besar di memori external saja.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi Hp Android yang lambat atau lemot. Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara lain yang dapat membuat kinerja Hp Android sobat menjadi stabil, namun hanya segitulah apa yang saya ketahui. Jadi, kurang lebihnya mohon ma'af dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Popular seribu